Monday, October 7, 2013

Komputer Radiologi : "Komputer Beberapa Tahun ke Depan serta Program-Program Under OS"



Bentuk Komputer Beberapa Tahun ke Depan

            Perkembangan komputer saat ini berkembang sangat pesat hingga ditemukan beberapa teknologi mutakhir di areanya. Beberapa prediksi memperkirakan komputer di masa akan datang dapat diakses melalui permukaan apa saja. Berikut beberapa prediksi mengenai bentuk komputer di masa yang akan datang.
1.      Diperkirakan pada tahun 2029, storage (penyimpanan) pada sebuah CPU sebesar 11 petabyte (1 petabyte = 1015 bytes) dapat menyimpan video berkualitas DVD untuk diputar selama 600 tahun lebih tanpa henti selama 24 jam sehari. Diperkirakan harganya sekitar US$100 (± Rp 950 ribu).
2.      Untuk perkiraan 10 tahun ke depan, kita dapat menikmati peningkatan kecepatan jaringan internet rumahan sebesar 20 kali lipat. Internet pun akan berevolusi menjadi sarana komunikasi yang simple, tanpa peduli jarak.
3.     Diperkirakan pada tahun 2020 akan tersedia komputer kuantum komersial pertama. Dan juga, komputer seharga US$1000 akan mempunyai kemampuan setara dengan otak manusia.
4.      Seperti yang sudah disebutkan di paragraf awal, semua permukaan dapat dijadikan layar tampilan. Contohnya Apple yang dalam beberapa tahun ke depan akan memproduksi produk yang mutakhir seperti Magic Keyboard. Seperti namanya, keyboard ini tidah ahnya mampu menghadirkan keyboard QWERTY saja, melainkan dapat menampilkan beragam tools yang ada di setiap aplikasi. Misalnya, kita sedang menjalankan Photoshop, seluruh tools di aplikasi tersebut akan muncul di Magic Keyboard. Selain itu di keyboard ini juga dipasang iSight camera yang akan membuat kita mengontrol tampilan di layar dengan gesture di udara.
           
Magic Keyboard Apple
5.      Tidak hanya itu, Apple juga akan memproduksi “peliharaan mata-mata” yang disebut iPets (iCat dan iDog). iPets akan menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin memiliki binatang peliharaan tetapi tidak banyak memiliki waktu luang. Dengan terintegrasi penuh iOS, pengguna dapat menginstal aplikasi trik hewan peliharaan, menjadi penjaga rumah, dan menjadi teman jogging yang mampu melacak statistik pengguna. Fitur di dalamnya berupa:
a.       Full iOS/iCloud integration yang dapat berinteraksi dengan semua perangkat Apple.
b.      Full iTunes store integration untuk mendownload langsung “pet trick” application.
c.       Facetime yang dapat mengawasi rumah pengguna melalui mata mereka.
d.      Nike+integration yang dapat melacak statistik pengguna saat lari atau berjalan dengan pengguna.
e.       Wi-Fi (802.11a a/b/g/n)
f.       Bluetooth 4.0
iPets (iDog dan iCat)
6.      Tidak hanya iPets, Apple juga akan memproduksi kacamata canggih yang dapat meng-capture apapun yang diinginkan pengguna. iSight, demikianlah nama yang akan digunakan Apple untuk produknya yang satu ini. iSight merupakan bagian dari masa depan kamera yang tidak hanya memiliki tampilan modis, tetapi akan membantu pengguna melihat dengan cara pandang yang baru. Kacamata ini dapat digunakan seperti kacamata biasa, dan jika ingin cara pandang yang baru pengguna dapat menekan tombol yang akan terhubung dengan aplikasi. Fiur 10 MP kamera juga terdapat tombol kamera yang memungkinan pengguna mengambil foto dan bahkan video melalui aplikasi iOS. iSight pun dilengkapi dengan autofocus, pendeteksi wajah, video stabilization, Wi-Fi (802.11a/b/g/n), dan bluetooth 4.0.

iSight

7.      IBM pun tidak mau kalah saing dengan Apple. IBM memiliki rencana memproduksi komputer yang dapat dikendalikan oleh pikiran pengguna. Prediksi ini akan dipasarkan pada 5 tahun mendatang oleh IBM. Saat ini, IBM sedang mengembangkan teknologi smartphone dan PC dapat dikendalikan melalui pikiran, yaitu contohnya anda hanya perlu memikirkan akan menelpon seseorang, lalu PC tersebut akan melakukan semua yang anda diinginkan. IBM juga memprediksi bahwa di tahun 2016, password tidak berlaku lagi dan akan diganti oleh teknologi lain yang lebih canggih. Sebagai contoh Apple yang sekarang ini telah meluncurkan produk smartphone terbarunya yang diberi nama iPhone 5S yang menggunakan sistem sidik jari sebagai passwordnya. Bedanya dengan Apple, IBM memprediksi pengganti password berupa huruf, angka, maupun simbol akan digantikan dengan “membaca pikiran”, yaitu kemampuan membaca keunikan secara biometrik dengan menggunakan sejenis jet udara yang merespon gelombang otak.


8.      Beda Apple dan IBM, beda pula SONY. Seorang desainer bernama Hiromi Kariki saat ini telah menciptakan sebuah konsep masa depan berbentuk seperti halnya gelang.

SONY

Konsep teknologi komputer masa depan tersebut rencananya akan menggandeng Sony sebagai produsen konsep produk buatannya tersebut. Perangkat ini diberi nama Sony Nextep Computer oleh Kariki. Penggunaan koneksi internet yang masif saat ini memberikan tekanan agar pengguna akan mendapatkan akses yang cepat dan kebutuhan informasi yang lebih luas menggunakan perangkat ini. Kemudian dikembangkan agar dapat menjadi sebuah gelang, konsep ini akan dikunstruksi oleh fleksibilitas layar sentuh Organic Light Emitting Diode (OLED). Selain itu, akan ditambahkan fitur-fitur dambaan saat ini seperti fitur proyektor hologram, penambahan panel keyboard, dan kompabilitas terhadap jejaring sosial yang lebih luas. Selain itu, akan dilengkapi pula dengan berbagai sensor. Penggunanya kelak akan memiliki sensor panca indra, bahkan sensor mood langsung dari perangkat komputernya.


Program-Program Under OS (Windows, iOS, Android, Blackberry, dan Linux) beserta Fungsinya

A.    Windows
1.      Adobe Reader 9.1
a.       Membuka semua dokumen-dokumen PDF.
b.      Melihat, mencari, memastikan, mencetak, dan mengkolaborasi file Adobe PDF.
2.      Flash Player
Menjalankan berbagai macam desain multimedia dengan Flash.
3.      DropBox
Program ini membuat anda dapat membagi file dengan sebuah akun yang dapat anda gunakan hingga 2GB.
4.      Skype
Program ini membantu anda untuk menelpon dan tersedia gratis untuk diunduh, serta dapat melalukan video call kepada teman atau rekan.
5.      Avira AntiVir Personal – Free Antivirus
Fungsi program ini adalah memberikan perlindungan dasar untuk komputer anda dari virus, worms, trojans berbahaya.
6.      Free Guitar Tuner
Tuner gitar ini menyediakan fitur untuk mengatur gitar akustik dan elektrik.
7.      Internet Download Manager
Mempermudah anda untuk mendownload file yang anda inginkan dengan cepat seperti video, doc, ppt, winRar, dll.
8.      Sticky Notes
Memudahkan anda untuk membuat catatan kecil atau memo pada desktop PC atau komputer anda.
9.      Paint
Program ini membantu anda untuk membuat gambar maupun tulisan berupa goresan pensil, maupun spray. Dan juga dapat membantu anda untuk mengedit sebuah gambar dengan menambahkan beberapa goresan.
10.  Mozilla Firefox
Salah satu browser paling diminati pengguna Windows yang membantu anda mengakses berbagai situs menggunakan program ini.
B.     iOS
1.      Safari
Fungsinya sama seperti Firefox dan Google Chrome di Windows yaitu program browser yang membantu anda membuka situs-situs melalui Safari.
2.      Flipboard
Membaca berita melalui majalah digital yang cantik dan dapat menampilkan RSS feed dari Google Reader, serta update dari Twitter dan Facebook. Bahkan juga ada kumpulan channel mengenai berbagai topik yang direkomendasikan tim Flipboard.
3.      iBooks
Merupakan aplikasi pembaca buku gratis dari Apple yang mendukung tampilan format PDF dan Textbook yang mampu menggantikan buku teks belajar. Dengan Textbook ini pelajar atau mahasiswa dapat menonton video, melihat gambar serta meringkas dengan lebih cepat sehingga memberikan pemahaman yang lebih baik.
4.      iTunes U
iTunes
Aplikasi yang fungsinya untuk mendistribusikan pelajaran kuliah langsung ke iPod Touch, iPhone, dan iPad. Bahan kuliah yang ditawarkan cukup lengkap, mulai dari ilmu bisnis dan anastromi sampai keterampilan menggunakan pisau untuk memasak. Sumber kuliah berasal dari universitas terkenal dunia, seperti Yale, Stanford, Oxford, dsb.
5.      Evernote
Fungsinya adalah mencatat dalam bentuk teks dan juga dapat menjadikan gambar dan suara sebagai catatan dengan Evernote.
6.      Battery Doctor HD
Fungsinya adalah mengisi baterai iPad, iPhone maupun iPod touch yang dapat menampilkan status baterai dengan tepat hingga pada hitungan menit.
7.      FaceTime
Program yang satu ini membantu kita dalam berkomunikasi jarak jauh yang dapat melihat orang yang ditelepon terlihat di layar monitor.
8.      Evian Baby&Me
Program yang menampilkan wajah bayi masa depan anda dengan memasukkan wajah close-up anda. Dalam hitungan menit anda dapat melihat seperti apa bayi anda di masa depan.
9.      Home
Salah satu program iOS yang dapat memberikan beberapa penampilan desain interior maupun eksterior sebuah rumah yang kita idamkan dalam beberapa bentuk ruangan atau desain yang berbeda-beda.
10.  iTranslate
Program kamus online atau terhubung dengan internet inimembantu pengguna untuk menterjemahkan sebuah kata maupun kalimat yang tidak kita ketahui dalam beberapa bahasa yang ada di dunia. Selain itu kita juga dapat mendengarkan cara pengucapan yang benar.
11.  Siri
Fungsi Siri pada iOS adalah untuk mengirim pesan suara melalui Siri tanpa harus mengetikkan kalimat, sehingga bagi seorang yang sangat sibuk fungsi ini dapat dimanfaatkan untuk mengirim sms/e-mail tanpa harus menyentuh keypad.
C.     Android
1.      Best Apps Market
Program yang dirancang khusus untuk pengunduhan ribuan macam aplikasi dan game berbasis Android.
2.      Poweramp Music Player
Fungsinya adalah memungkinkan pengguna dapat memutar bermacam file musik dari berbagai format audio, seperti wma, wav, mp4, mp3, alac, dll.
3.      WhatsApp Messenger
Fungsi khusus program ini sebagai layanan messenger. Program ini membantu anda berhubungan dengan teman melalui teks, gambar, video maupun audio note.
4.      Battery Saver
Memungkinkan smartphone atau tablet anda yang berbasis Android dapat jauh lebih hemat dalam mengkonsumsi energi baterai. Sehingga, daya tahan baterai bisa jauh lebih lama.
5.      Documents To Go
Mendukung aktifitas kerja yang produktif. Fasilitas yang disuguhkan seperti Microsoft Word Reader, Microsoft Excel Reader, PDF Reader, dll.
6.      Opera Mini
Memungkinkan anda melakukan aktifitas browsing dengan sangat nyaman, dibandingkan penggunaan browser bawaan ponsel. Program ini mampu menekan volume transfer data saat melakukan surfing internet.
7.      MyBackup Pro
Program ini menyuguhkan layanan backup data dengan tahapan yang mudah dan praktis. Data-data yang dapat dibackup dapat berupa pesan teks, call log, foto, musik, video, kalender, bookmark, dan lainnya.
8.      SoundHound
Program ini memungkinkan anda dapat mencari data mengenai informasi suatu lagu yang sedang diputar oleh radio channel tertentu dengan sangat mudah dan praktis.
9.      Camera Zoom FX
Camera Zoom FX memfasilitasi gadget anda dengan fitur kamera yang jauh kebih sempurna. Fitur-fiturnya berupa fitur preset (Diana, Holga 35mm, Retro, dll), frame (thin lens, filmreel, rounded, dll), distort, mirror, tilt-shift, dan masih banyak lagi.
10.  Studious
Fungsinya adalah mencatat agenda atau jadwal kerja anda. Dapat juga digunakan untuk mencatat jadwal sekolah, kuliah, dan lain-lain.
D.    BlackBerry
1.      BBNotePad
Fungsinya bertindak sebagai editor teks. Memungkinkan pengguna untuk menulis dokumen panjang penuh atau kode.
2.      BeeTag
Berfungsi untuk memindai (scanning) barcode pada produk iklan atau merek. Setelah scanning, aplikasi ini akan memberi informasi produk, teks, dan informasi URL untuk produk-produk tertentu.
3.      BlackBerry Messenger (BBM)
Berguna untuk tetap berhubungan dengan teman menggunakan BlackBerry mobiles. BBM ini digunakan untuk mengirim pesan ke teman dan kerabat. Tidak hanya berupa teks, tetapi dapat berupa gambar, video, dokumen, maupun voice note.
4.      Viigo
Program ini memungkinkan pengguna untuk melihat berita, audio clip, saham dan data uang, cuaca dan lainnya. Dengan program ini dapat juga mengetahui skor olahraga.
5.      BlackBerry Appworld
Pengguna dapat mengakses banyak aplikasi BalckBerry lain melalui program ini.
6.      Tiny Twitter
Program yang memungkinkan kita untuk tetap update tweets di Twitter. Pengguna pun dapat tetap berhubungan dengan teman-teman online mereka.
7.      Pandora Mobile
Berfungsi untuk menilai lagu. Pengguna dapat dengan mudah mendengarkan lagu-lagu favorit dan dapat digunakan sambil bekerja atau dalam perjalanan.
8.      Bolt Browser
Membuat browser anda menjadi lebih cepat kemampuan kerja atau browsingnya.
9.      Talklock
Sesuai dengan persyaratannya, program kunci dan emmbuka perangkat BlacBerry pengguna. Hal ini hanya untuk menjaga keselamatan pengguna. Pengguna dapat memblokir atau membolehkan sesuai keinginan pengguna.
10.  Google Lattitude
Program untuk berbagi lokasi pengguna sekarang. Pengguna dapat memberitahu teman-teman pengguna tentang lokasi pengguna menggunakan perangkat lunak atau aplikasi.
E.     Linux
1.      Open Office
Fungsinya sama seperti Microsoft Office yaitu memungkinkan pengguna untuk membuat dokumen atau file berupa presentasi spreadsheet (perhitungan), gambar, database, simbol-simbol matematika, dan lain-lain.
2.      GIMP Image Editor
Program image editing pengganti Adobe Photoshop, dengan program ini kita tidak perlu dipusingkan dengan biaya, jadi bisa lebih tenang. Karena biaya Photoshop mencapat 12 jutaan.
3.      Inkscape Vektor Graphics Editor
Program ini sangat mirip dengan Corel Draw, untuk membuat bentuk logo atau bentuk lainnya.
4.      Bluefish Editor
Berguna untuk pengetikan bahasa HTML atau PHP, berfungsi seperti aplikasi EditPHP.
5.      Empathy IM Client
Berfungsu untuk chatting, bisa menggunakan Pidgin, Kopete, Gaim.
6.      Brasero Disc Burner
Berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam burning CD/DVD.
7.      Cheese Webcam Booth
Program yang mampu membantu pengguna untuk melakukan webcam.
8.      Rhytmbox Music Player
Sesuai dengan namanya program ini membantu pengguna untuk memutar musik dalam format MP3 atau lainnya.
9.      Movie Player
Membantu pengguna untuk memutar film DVD/VCD pada layar komputer yang berbasis Linux.
10.  Evolution
Berfungsi sama seperti Microsoft Outlook. Fungsinya adalah untuk mengirim dan membaca e-mail. Program ini juga memiliki fungsi seperti kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal.

1 comment:

  1. Thank's for sharing this article ...
    Don't foget to visit my blog ya hehehe thank you
    http://indrayudhap.blogspot.com/

    ReplyDelete